Scientific Calculator






powered by calculator.net

Game Matematika Asyik : Tebak Angka Kelahiran

Selasa, 15 Oktober 2013
Game Matematika Asyik : Tebak Angka Kelahiran

Mungkin bagi beberapa orang hal ini merupakan suatu hal yang basi alias sudah kadaluarsa. Istilah untuk menunjukkan bahwa permainan yang Kang Rifki tulis sudah banyak diketahui. Tapi tak apalah, siapa tahu masih ada yang belum tahu mengenai permainan ini sehingga bisa dijadikan bahan hiburan dikala pikiran lagi penat memikirkan rumus matematika yang super duper bikin kita pusing,,,,hehehe..

Permainan tebak angka kelahiran ini akan sangat menarik sekali jika kita sajikan di kelas kepada siswa-siswi kita agar tidak bosan menerima pelajaran matematika terus menerus. Atau boleh juga untuk menghibur anak-anak, teman, sodara, atau siapa pun. Permainan ini sangatlah mudah dilaksanakan dimana pun dan kapan pun tapi yang pasti harus bawa dulu perlengkapannya..hehe

Apa aja yang perlu dipersiapkan untuk permainan tebak angka kelahiran ini?? Gak usah khawatir, cukup kertas kecil atau papan tulis aja udah bisa kok. Caranya adalah silahkan anda tulis angka - angka berikut di bawah ini di kertas atau di papan tulis.



Bagaimana Cara Permainannya?
  1. Setelah Anda menyiapkan angka-angka seperti pada gambar di atas, silahkan Anda suruh target Anda untuk membayangkan angka kelahirannya.
  2. Mintalah target Anda agar tidak menunjukkan kartu tersebut kepada Anda.
  3. Kemudian, silahkan Anda tanyakan kepada target satu persatu di mulai dari kartu A sampai kartu E, apakah angka lahir anda ada pada kartu-kartu tersebut? Misalkan: Angka lahir target Anda adalah 11 (tentunya anda tidak tahu hal ini), maka Anda tanyakan kepada target Anda : "Apakah angka lahir Anda terdapat pada kartu A?" Target hanya disuruh menjawab YA atau TIDAK. Ulangi pertanyaan ini sampai kartu terakhir. 
  4. Setelah Anda bertanya hal tersebut di atas, maka Anda bisa menebak Angka kelahiran target Anda. Misal: Jika Angka lahir target Anda adalah 11, maka tentunya angka lahir tersebut akan terdapat pada kartu A, B, dan D. Sehingga Anda bisa menebaknya dengan mudah, dan Target Anda akan takjub kepada Anda,,hehe

Apa sih kunci dari permainan ini??

Pertanyaan yang pasti Anda akan tanyakan adalah bagaimana sih kita bisa menebak Angka tersebut? Apakah kita harus menghafal semua Angka pada tiap-tiap kartu tersebut? Jawabanya adalah TIDAK. Anda tidak perlu menghafal semua angka tersebut, cukup Anda menghafal angka kunci pada masing - masing kartu. Kuncinya ada pada angka dipojok kiri atas, kartu A = 1, kartu B = 2, kartu C = 4, kartu D = 8, dan kartu E = 16. 

Pada contoh kasus di atas, maka kita bisa menebak angka dari si target yaitu:
kartu A + B +  D = 1 + 2 + 8 = 11

Bagaimana menarik bukan??

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement